4
FUNGSI KOMUNIKASI
Fungsi
Komunikasi :
•
Fungsi
komunikasi dibagi menjadi empat bagian. Fungsi-fungsi suatu peristiwa
komunikasi (communication event) tampaknya tidak sama sekali independen,
melainkan juga berkaitan dengan fungsi-fungsi lainnya, meskipun terdapat suatu
fungsi dominan.
1.
Fungsi
Komunikasi Sosial :
•
Komunikasi itu penting membangun konsep diri kita,
aktualisasi diri, kelangsungan hidup untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar
dari tekanan.Pembentukan konsep diriKonsep diri adalah pandangan kita mengenai
siapa diri kita dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan
orang lain kepada kita. Pernyataan eksistensi diri Orang
berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi
diri atau pernyataan eksistensi diri. Ketika berbicara, kita sebenarnya
menyatakan bahwa kita ada.
•
Fungsi komunikasi sosial dibagi menjadi 3:
1.
Pembentukan Konsep Diri
2.
Pernyataan eksistensi Diri
3. Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan
a) Pembentukan Konsep Diri
§ Proses pembentukan
pandangan kita mengenai siapa diri kita, dan itu hanya ias kita peroleh lewat
informasi yang diberikan orang lain kepada kita.
b)
Pernyataan
Eksistensi Diri
§ Saat kita
berkomunikasi kepada orang lain, orang lain akan melihat diri kita dan
menganggap kita eksis. Terutama apabila kita berada dalam forum. Jika kita
berada dalam forumdan berperan aktif dalam acara diskusi, maka orang lain akan
menganggap kita ada di dalam forum tersebut dan juga sebaliknya.
c)
Untuk Kelangsungan Hidup, Memupuk Hubungan, dan
Memperoleh Kebahagiaan
§ Kita harus
berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.
Kita tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan hidup kita, jika kita tidak
berkomunikasi. Melalui komunikasi, kita dapat memenuhi kebutuhan hidup sehingga
memperoleh kebahagiaan.
2. Fungsi Komunikasi
Ekspresif :
•
Komunikasi
ekspresif dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrumen untuk
menyampaikan perasaan-perasaan (emosi kita) melalui pesan-pesan non
verbal.
3. Fungsi Komunikasi
Ritual :
•
Komunikasi
ritual sering dilakukan secara kolektif. Suatu komunitas sering melakukan
upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dalam acara tersebut orang
mengucapakan kata2 dan menampilkan perilaku yang bersifat simbolik.
4. Fungsi Komunikasi
Instrumental :
•
Komunikasi
instrumental mempunyai beberapa tujuan umum: menginformasikan, mengajar,
mendorong, mengubah sikap dan keyakinan dan mengubah perilaku atau menggerakkan
tindakan dan juga untuk menghibur (persuasif) Suatu peristiwa komunikasi
sesungguhnya seringkali mempunyai fungsi-fungsi tumpang tindih, meskipun salah
satu fungsinya sangat menonjol dan mendominasi.
# Kesimpulan
:
•
Memahami
komunikasi berarti memahami apa yang terjadi selama komunikasi berlangsung,
mengapa itu terjadi, manfaat apa yang dirasakan, akibat-akibat apa yang
ditimbulkannya, apakah tujuan dari aktifitas berkomunikasi sesuai dengan apa
yang diinginkan, memahami hal-hal yang dapat mempengaruhi dan memaksimalkan
hasil-hasil dari kejadian tersebut.
Model Komunikasi
Pengertian
Model Komunikasi :
•
Gambaran
yang sederhana dari proses yang menggambarkan kaitan antara satu komponen
komunikasi dengan komponen lainnya.
•
Penyajian
model komunikasi ditujukan untuk mempermudah memahami proses komunikasi dan
mempermudah melihat komponen dasar yang perlu ada dalam suatu komunikasi
Fungsi
Dan Manfaat Model Komunikasi :
·
Fungsi :
1.
Untuk
melukiskan sebuah proses komunikasi
2.
Untuk
menunjukan hubungan visual dr berbagai pihak
3.
Untuk
membantu dalam menemukan permasalahan komunikasi dan memperbaikinya
· Manfaat :
1.
Alat
untuk menjelaskan atau menerangkan sebuah penjelasan tentang bagan terjadinya
komunikasi.
# Oleh karena itu hubungan antara fungsi dan manfaat
model komunikasi sangat erat kaitannya. Karena melalui model komunikasi, kita
dapat mengetahui fungsi dari komunikasi
melalui penjelasan yang terdapat di dalam model komunikasi.
MODEL-MODEL
KOMUNIKASI
1. Model
S-R
2. Model
Aritoteles
3. Model
Lasswell
4. Model
Shannon dan Weaver
5. Model
Schram
6. Model
Newcomb
7. Model
Westley dan Maclean
8. Model
Gerbner
9. Model
Berlo
10. Model
Defleur
11. Model
Tubbs
12. Model
Gudykunts dan kim
13. Model
Interaksional
1)
Model S-R
· Dalam
model ini dijelaskan bahwa komunikasi adalah suatu bentuk aksi dan reaksi dari
kedua pihak
· Bagan
dr model komunikasi S – R adalah :
Stimulus <------> Respons
2)
Model Aristoteles
· Bagan
dari model komunikasi Aristoteles adalah sebagai berikut :
Pembicara --à Pesan --à Pendengar
3)
Model Lasswell
· Model
komunikasi ini berupa ungkapan verbal berupa Who, Says what, In whitch channel,
To whom, With what effect. Sehingga model komunikasi Lasswel sering diterapkan
dalam melakukan komunikasi massa sehingga komunikasi dapat berjalan dengan
lancar. Biasanya model komunikasi Lasswell digunakan oleh para wartawan dalam
mengumpulkan berbagai macam informasi dari masyarakat
· Lasswell
mengakui bahwa tidak semua komunikasi bersifat dua arah dengan suatu aliran
yang lancar dan umpan balik yang terjadi antara pengirim dan penerima,model ini
sering diterapkan dalam komunikasi massa
4)
Model Shannon dan Weaver
•
Model komunikasi ini sering disebut juga
dengan model matematis atau teori informasi karena model komunikasi ini
menggambarkan suatu sumber yang menciptakan suatu pesan dan kemudian
menyalurkan pesan tersebut melalui sebuah chanel kepada penerima pesan. Hal
terpenting dalam model komunikasi ini adalah adanya nosie atau gangguan yang
akan menyebabkan terganggunya informasi yang akan disampaikan dan yang akan
diterima.
5)
Model Schram
· Terdapat
3 model komunikasi yang dikenalkan oleh Schramm, dalam model komunikasi yang
pertama terdapat kesamaan dengan model komunikasi Shannon dan Weaver, sedangkan
dalam model komunikasi yang kedua, Schramm menjelaskan bahwa adanya kesamaan
pengalamanlah yang kemudian dikomunikasikan oleh kedua belah pihak. Dan pada
model komunikasi yang ketiga Schramm menjelaskan bahwa komunikasi adalah sebuah
bentuk interaksi yang menyandi, menafsirkan, menyandi balik dan menerima sinyal
dan dilakukan oleh 1 orang.
6)
Model Newcomb
•
Dalam model komunikasi Newcomb, komunikasi
merupakan cara yang paling efektif bagi orang-orang untuk mengorientasikan
dirinya terhadap lingkungan.
7)
Model Westley dan Maclean
· Dalam
model komunikasi ini, Westley dan MacLean menilai adanya perbedaan umpan balik
dalam suatu komunikasi akan menentukan komunikasi tersebut merupakan komunikasi
antarpribadi dan komunikasi massa.
8)
Model Garbner
· Merupakan
perluasan dari model lasswell.Model ini terdiri dari model verbal dan model
diagrammatic. Model verbal Gerbner adalah sebagai berikut:
Seseorang (sumber, komunikator)
· Mempersepsi
suatu kejadian Dan bereaksi Dalam suatu situasi Melalui suatu alat (saluran;media;
rekayasa fisik; fasilitas administrative dan kelembagaan untuk distribusi dan
control) Untuk menyediakan materi Dalam suatu bentuk Dan konteks Yang
mengandung isi Yang mempunyai konsekuensi.
9)
Model Berlo
· Model
yang di kembangkan David Berlo memperlihatkan proses komunikasi satu arah dan
hanya terdiri dari empat komponen yaitu Sumber, Pesan, Saluran, dan Penerima
atau Receiver. Akan tetapi pada masing-masimg komponen tersebut ada sejumlah
faktor kontrol.
10) Model
Defleur
· De
fleur merupakan perluasan dari model2 yang dikemukakan oleh ahli lain,khususnya
model komunikasi shannon dan weaver dengan memasukkan perangkat media massa
(mass medium device) dan perangkat umpan balik (feedback device). Noise dapat
mempengaruhi tiap komponen komunikasi
11) Model
Tubbs
· Model
ini sepenuhnya berbicara tentang komunikasi antara 2 orang. Model ini sesuai dengan
konsep komunikasi sebagai transaksi. Yang mengasumsikan bahwa 2 orang
komunikator sebagai pengirim pesan (sender) dan sekaligus sebagai
penerima pesan (receiver). Saat kita berbicara (mengirim pesan),
sebenarnya kita sekaligus mengamati tingkah laku lawan bicara kita dan kita
bereaksi terhadap itu. Proses itu bersifat timbal balik dan juga spontan dan
serentak. Pesan di dalam model ini dapat berupa verbal maupun non verbal. Dapat
disengaja maupun tidak.
12) Model
Gudykunst And Kim
· Model
ini sebetulnya adalah model komunikasi antar budaya.
· Menurut
Gudykunst dan Kim, penyandian pesan dan penyandian balik pesan merupakan suatuproses
interaktif yang dipengaruhi oleh filter-filter konseptual yang dikategprikan
menjadi faktor-faktor budaya, sosial budaya, psikobudaya, dan faktor
lingkungan.
13) Model
Interansaksional
·
Para peserta komunikasi menurut model
interaksional adalah orang-orang yang mengembangkan
potensi manusiawinya melalui interaksi sosial, tepatnya melalui apa yang disebut pengambilan peran orang lain. Diri berkembang lewat interaksi dengan orang lain, dimulai dengan orang terdekatnya seperti keluarga dalam suatu tahap yang disebut tahap permainan dan terus berlanjut
hingga kelingkungan luas dalam suatu tahap yang disebut tahap pertandingan.
potensi manusiawinya melalui interaksi sosial, tepatnya melalui apa yang disebut pengambilan peran orang lain. Diri berkembang lewat interaksi dengan orang lain, dimulai dengan orang terdekatnya seperti keluarga dalam suatu tahap yang disebut tahap permainan dan terus berlanjut
hingga kelingkungan luas dalam suatu tahap yang disebut tahap pertandingan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar