Jumat, 06 April 2012

Fungsi dan Model Komunikasi


4 FUNGSI KOMUNIKASI

Fungsi Komunikasi :

      Fungsi komunikasi dibagi menjadi empat bagian. Fungsi-fungsi suatu peristiwa komunikasi (communication event) tampaknya tidak sama sekali independen, melainkan juga berkaitan dengan fungsi-fungsi lainnya, meskipun terdapat suatu fungsi dominan.


1. Fungsi Komunikasi Sosial :

      Komunikasi itu penting membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, kelangsungan hidup untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan.Pembentukan konsep diriKonsep diri adalah pandangan kita mengenai siapa diri kita dan itu hanya bisa kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita. Pernyataan eksistensi diri Orang berkomunikasi untuk menunjukkan dirinya eksis. Inilah yang disebut aktualisasi diri atau pernyataan eksistensi diri. Ketika berbicara, kita sebenarnya menyatakan bahwa kita ada.
 
      Fungsi komunikasi sosial dibagi menjadi 3:
          1. Pembentukan Konsep Diri
          2. Pernyataan eksistensi Diri
3. Untuk kelangsungan hidup, memupuk hubungan, dan memperoleh kebahagiaan








a) Pembentukan Konsep Diri

§  Proses pembentukan pandangan kita mengenai siapa diri kita, dan itu hanya ias kita peroleh lewat informasi yang diberikan orang lain kepada kita.

b) Pernyataan Eksistensi Diri

§  Saat kita berkomunikasi kepada orang lain, orang lain akan melihat diri kita dan menganggap kita eksis. Terutama apabila kita berada dalam forum. Jika kita berada dalam forumdan berperan aktif dalam acara diskusi, maka orang lain akan menganggap kita ada di dalam forum tersebut dan juga sebaliknya.

c)  Untuk Kelangsungan Hidup, Memupuk Hubungan, dan Memperoleh Kebahagiaan

§  Kita harus berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari agar dapat memenuhi kebutuhan hidup. Kita tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan hidup kita, jika kita tidak berkomunikasi. Melalui komunikasi, kita dapat memenuhi kebutuhan hidup sehingga memperoleh kebahagiaan.


2. Fungsi Komunikasi Ekspresif :

      Komunikasi ekspresif dapat dilakukan sejauh komunikasi tersebut menjadi instrumen untuk menyampaikan perasaan-perasaan  (emosi kita) melalui pesan-pesan non verbal.




3. Fungsi Komunikasi Ritual :

      Komunikasi ritual sering dilakukan secara kolektif. Suatu komunitas sering melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun dalam acara tersebut orang mengucapakan kata2 dan menampilkan perilaku yang bersifat simbolik. 

4. Fungsi Komunikasi Instrumental :

      Komunikasi instrumental  mempunyai beberapa tujuan umum: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan dan mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan dan juga untuk menghibur (persuasif) Suatu peristiwa komunikasi sesungguhnya seringkali mempunyai fungsi-fungsi tumpang tindih, meskipun salah satu fungsinya sangat menonjol dan mendominasi.

# Kesimpulan :
      Memahami komunikasi berarti memahami apa yang terjadi selama komunikasi berlangsung, mengapa itu terjadi, manfaat apa yang dirasakan, akibat-akibat apa yang ditimbulkannya, apakah tujuan dari aktifitas berkomunikasi sesuai dengan apa yang diinginkan, memahami hal-hal yang dapat mempengaruhi dan memaksimalkan hasil-hasil dari kejadian tersebut.








Model Komunikasi

Pengertian Model Komunikasi :

      Gambaran yang sederhana dari proses yang menggambarkan kaitan antara satu komponen komunikasi dengan komponen lainnya.
      Penyajian model komunikasi ditujukan untuk mempermudah memahami proses komunikasi dan mempermudah melihat komponen dasar yang perlu ada dalam suatu komunikasi

Fungsi Dan Manfaat Model Komunikasi :

·       Fungsi :
1.   Untuk melukiskan sebuah proses komunikasi
2.   Untuk menunjukan hubungan visual dr berbagai pihak
3.   Untuk membantu dalam menemukan permasalahan komunikasi dan memperbaikinya

·       Manfaat :
1.   Alat untuk menjelaskan atau menerangkan sebuah penjelasan tentang bagan terjadinya komunikasi.

# Oleh karena itu hubungan antara fungsi dan manfaat model komunikasi sangat erat kaitannya. Karena melalui model komunikasi, kita dapat mengetahui fungsi dari komunikasi  melalui penjelasan yang terdapat di dalam model komunikasi.



MODEL-MODEL KOMUNIKASI

1.  Model S-R
2.  Model Aritoteles
3.  Model Lasswell
4.  Model Shannon dan Weaver
5.  Model Schram
6.  Model Newcomb
7.  Model Westley dan Maclean
8.  Model Gerbner
9.  Model Berlo
10.  Model Defleur
11.  Model Tubbs
12.  Model Gudykunts dan kim
13.  Model Interaksional






1)        Model S-R
·       Dalam model ini dijelaskan bahwa komunikasi adalah suatu bentuk aksi dan reaksi dari kedua pihak
·       Bagan dr model komunikasi S – R adalah :
Stimulus <------> Respons

2)        Model Aristoteles
·       Bagan dari model komunikasi Aristoteles adalah sebagai berikut :
        Pembicara --à Pesan --à Pendengar

3)        Model Lasswell
·       Model komunikasi ini berupa ungkapan verbal berupa Who, Says what, In whitch channel, To whom, With what effect. Sehingga model komunikasi Lasswel sering diterapkan dalam melakukan komunikasi massa sehingga komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Biasanya model komunikasi Lasswell digunakan oleh para wartawan dalam mengumpulkan berbagai macam informasi dari masyarakat

·       Lasswell mengakui bahwa tidak semua komunikasi bersifat dua arah dengan suatu aliran yang lancar dan umpan balik yang terjadi antara pengirim dan penerima,model ini sering diterapkan dalam komunikasi massa


4)        Model Shannon dan Weaver
      Model komunikasi ini sering disebut juga dengan model matematis atau teori informasi karena model komunikasi ini menggambarkan suatu sumber yang menciptakan suatu pesan dan kemudian menyalurkan pesan tersebut melalui sebuah chanel kepada penerima pesan. Hal terpenting dalam model komunikasi ini adalah adanya nosie atau gangguan yang akan menyebabkan terganggunya informasi yang akan disampaikan dan yang akan diterima.

5)        Model Schram
·       Terdapat 3 model komunikasi yang dikenalkan oleh Schramm, dalam model komunikasi yang pertama terdapat kesamaan dengan model komunikasi Shannon dan Weaver, sedangkan dalam model komunikasi yang kedua, Schramm menjelaskan bahwa adanya kesamaan pengalamanlah yang kemudian dikomunikasikan oleh kedua belah pihak. Dan pada model komunikasi yang ketiga Schramm menjelaskan bahwa komunikasi adalah sebuah bentuk interaksi yang menyandi, menafsirkan, menyandi balik dan menerima sinyal dan dilakukan oleh 1 orang.

6)        Model Newcomb
      Dalam model komunikasi Newcomb, komunikasi merupakan cara yang paling efektif bagi orang-orang untuk mengorientasikan dirinya terhadap lingkungan.




7)        Model Westley dan Maclean
·       Dalam model komunikasi ini, Westley dan MacLean menilai adanya perbedaan umpan balik dalam suatu komunikasi akan menentukan komunikasi tersebut merupakan komunikasi antarpribadi dan komunikasi massa.

8)        Model Garbner
·       Merupakan perluasan dari model lasswell.Model ini terdiri dari model verbal dan model diagrammatic. Model verbal Gerbner adalah sebagai berikut:
Seseorang (sumber, komunikator)
·       Mempersepsi suatu kejadian Dan bereaksi Dalam suatu situasi Melalui suatu alat (saluran;media; rekayasa fisik; fasilitas administrative dan kelembagaan untuk distribusi dan control) Untuk menyediakan materi Dalam suatu bentuk Dan konteks Yang mengandung isi Yang mempunyai konsekuensi.

9)        Model Berlo
·       Model yang di kembangkan David Berlo memperlihatkan proses komunikasi satu arah dan hanya terdiri dari empat komponen yaitu Sumber, Pesan, Saluran, dan Penerima atau Receiver. Akan tetapi pada masing-masimg komponen tersebut ada sejumlah faktor kontrol.




10)   Model Defleur
·       De fleur merupakan perluasan dari model2 yang dikemukakan oleh ahli lain,khususnya model komunikasi shannon dan weaver dengan memasukkan perangkat media massa (mass medium device) dan perangkat umpan balik (feedback device). Noise dapat mempengaruhi tiap komponen komunikasi

11) Model Tubbs
·      Model ini sepenuhnya berbicara tentang komunikasi antara 2 orang. Model ini sesuai dengan konsep komunikasi sebagai transaksi. Yang mengasumsikan bahwa 2 orang komunikator sebagai pengirim pesan (sender) dan sekaligus sebagai penerima pesan (receiver). Saat kita berbicara (mengirim pesan), sebenarnya kita sekaligus mengamati tingkah laku lawan bicara kita dan kita bereaksi terhadap itu. Proses itu bersifat timbal balik dan juga spontan dan serentak. Pesan di dalam model ini dapat berupa verbal maupun non verbal. Dapat disengaja maupun tidak.

12)   Model Gudykunst And Kim
·       Model ini sebetulnya adalah model komunikasi antar budaya.
·       Menurut Gudykunst dan Kim, penyandian pesan dan penyandian balik pesan merupakan suatuproses interaktif yang dipengaruhi oleh filter-filter konseptual yang dikategprikan menjadi faktor-faktor budaya, sosial budaya, psikobudaya, dan faktor lingkungan.

13)   Model Interansaksional
·       Para peserta komunikasi menurut model interaksional adalah orang-orang yang mengembangkan
potensi manusiawinya melalui interaksi sosial
, tepatnya melalui apa yang disebut pengambilan peran orang lain. Diri berkembang lewat interaksi dengan orang lain, dimulai dengan orang terdekatnya seperti keluarga dalam suatu tahap yang disebut tahap permainan dan terus berlanjut
hingga kelingkungan luas dalam suatu tahap yang disebut tahap pertandingan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar